Abi Sholeh Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Tegal Periode 2013-2018


INFOPANTURA.COM – Slawi – Dewan Kesenian Kabupaten Tegal (DKKT) menggelar Musyawarah Daerah (Musda) di Gedung Rakyat Slawi, Rabu (2/10/2013). Dalam Musda dibahas 4 agenda utama melalui sidang pleno (SP) diantaranya SP I, SP II, SP III dan SP IV. Saat SP III salah satunya sesi pemilihan penjaringan, pengesahan dan pemilihan ketua umum dewan kesenian kabupaten Tegal berlangsung cukup alot.

“Empat agenda sidang yang dijadwalkan berlangsung mulus dan lancar, namun yang mungkin agak sedikit alot adalah pada SP III yang membahas pengesahan jadwal acara dan tata tertib Musda, serta Penjaringan Ketua Umum,” Kata Humas Pemkab Tegal Abdullah Sukur seperti rilis yang dikirim ke infopantura.com Dikatakan, Pembahasan dan perdebatan “alot” yang berlangsung pada SP III makin membuktikan adanya proses dinamika dan dialektika di tubuh DKKT. Karena Dewan Kesenian tidak hanya sekadar menjadi sebuah organisasi stagnan dan steril dari sikap kritis, tetapi justru makin menunjukkan “taring”-nya sebagai sebuah organisasi yang berkembang secara dinamis dan memiliki posisi tawar yang layak diperhitungkan.

Meski berlangsung alot dan seru, perdebatan tetap berada pada koridor nilai-nilai kesantunan, sehingga tidak sampai keluar dari substansi persoalan yang tengah dibahas. Catatan ini menjadi penting dikemukakan, sebab masalah yang dibahas memang substansial dan menyangkut “kemajuan dan kelestarian” seni budaya yang akan dijadikan sebagai acuan Dewan Kesenian dalam menjalankan agenda-agenda kesenian dan kebudayaannya. Demikian juga halnya dengan proses pemilihan Ketua Umum. Bisa dibilang, proses pemilihan berlangsung amat demokratis dan terbuka. Semua peserta berhak untuk menentukan calon Ketua Umum melalui Koordinator Komite Seni masing-masing berdasarkan daftar peserta yang ada dalam perangkat Musda.

Berdasarkan usulan peserta, terpilih empat nama calon yaitu Teguh Herdi Samcoyo, Ginting Rasimin, Moh Soleh Yusuf dan Julis Nur Husain. Namun pada penyamapaian Visid an Misi, salah satu Calon mengundurkan diri yaitu Teguh Herdi Sancoyo karena kesibukannya dalam dinas, sehingga calon Ketua Umum DKKT tinggal 3 (tiga) orang. Setelah dilakukan pemilihan, perolehan suara ke-tiga calon adalah untuk Ginting Rasimin mendapat 13 Suara, Mohamad Soleh Yusuf 20 Suara dan Julis Nur Husain mendapat 3 Suara. Mengacu pada ketentuan pada tata tertib dan berdasarkan perolehan suara yang diperoleh para calon, maka ditetapkan yang menjadi Ketua Umum Dewan Kesenian Kabupaten Tegal periode 2013-2018 adalah Mohamad Soleh Yusuf.

Semoga amanat yang diberikan oleh para peserta Musda kepadanya bisa dilaksanakan dengan baik, sehingga bisa menjadikan DKKT sebagai organisasi kesenian yang solid dan dinamis di tengah-tengah kehidupan masyarakat Kabupaten Tegal yang makin cerdas dan kritis. Ketua Umum terpilih, Moh Soleh Yusuf yang biasa disapa Abi Soleh menyatakan bahwa dia tidak akan bermakna apa-apa untuk membesarkan organisasi tanpa ada peran serta dari orang-orang pilihan dalam memajukan DKKT. Oleh karena itu, dukungan dan peran aktif dari para pihak yang memiliki komitemen untuk memajukan dan melestarikan seni budaya di Kabupaten Tegal sangat diharapkan. Dalam musda pengurus DKKT, pengurus kecamatan, tamu undangan.

See more at: http://www.infopantura.com/abi-sholeh-terpilih-jadi-ketua-dewan-kesenian-kabupaten-tegal/#sthash.0snlBYKd.dpuf

Posting Komentar

0 Komentar